Refleksi akhir semester : finance

Tulisan ini adalah refleksi tentang finance sebelum ujian akhir semester,  2 jam lagi

Corporate finance ato yang lebih dikenal dengan financial management adalah pelajaran paling pedes yang ada di semester satu. Mas iwan, salah satu partner saya yang juga lulusan mm ugm jaman dulu pernah bilang kalo finance adalah pelajaran yang bikin tekanan batin selama di MM.  Jaman sekarang belum berubah hehe
Aneh bin ajaib, seperti sambel semakin pedes semakin dicari. konsentrasi finance di semester 3 nanti udah  full booked, ternyata banyak juga yang meminati mata kuliah yang penuh asumsi ini :-). Bandigkan dengan konsentrasi marketing atau human resource yang mahasiswa harus nambah duit karena kelasnya kurang.

Well im not big fans of finance, from the begining, apalagi denger cerita cerita begitu, semakin menguatkan azzam ALF (asal lulus finance). Menurutku finance should be practical, seperti yang diajarin ligwina hananto atau aidil akbar dengan financial check upnyo.  Kalo dihadapkan sama financenya perusahaan,  buat aku pribadi, its too complicted andnot fully connected :-).

Setelah mengelola perusahaan sendiri baru ngerti kalo ternyata finance ini harus diperhatiin bener bener, sehingga perusahaan berjalan dengan efektif dan efisien.  Tempo hari,  waktu sekelas kunjungan ke panti jompo, aku menemukan bahwa banyak diantara mbah kakung dan mbah putri ini, yang pada mas jayanya ndak merhatiin kesehatan finance, sehingga mereka ngga siap saat masa sulit datang…biarpun mereka dulunya artis, atau politisi handal. Tidak ada yang tersisa dari meka kecuali penyesalan mereka dan pelajaran untuk generasi mendatang

Finance itu penting sodara,  employ the best finance employee 🙂

Iklan

2 pemikiran pada “Refleksi akhir semester : finance

  1. benar. kasihan para manula itu. jaman indonesia masih dulu, mereka dikelola oleh anaknya. ke depan atau mungkin sudah mulai, mereka menyerahkan atau diserahkan ke tempat atau pihak lain bukan anak yg profesional. artinya perlu uang. artinya kelola uang masa jaya dulu mjd relevan.
    Kuliah di mana ini Mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s