Paris : save by bell(y)

 

paris adalah ibukota perancis, semua juga tahu, kota pariwisata, ada menara eiffel dan juga disneyland paris.tujuan kami serumah pengen bedol desa dan foto foto di depan eiffel terus nyobain disneyland paris, themepark nomer satu ke eropah. mumpung dapet tiket bus yang lumayan murah dari rotterdam dan mumpung di belanda

DSC_0526 nanda paling ngebet untuk ikut trip kali ini , secara foto di depan eiffel adalah salah satu ultimate goal selama exchange di eropa apalagi dia mau ulang tahun ke 25 . buat saya, sya punya hutang tidak tertulis untuk foto di depan eiffel pake kaos gratisan dari mba @belajarperancis “Gross bisous” jangan tanya artinya yak. ayu dan istri saya motivasinya hampir sama kira kira ini trademark yang ga boleh kelewat. *kira kira lho ya

jadi kota dengan trademark yang terkenal seantero tempat pensil di dunia bikin enak ga enak, enaknya tujuan kita jelas begitu sampe kota ini , mau liat eiffel. ga enaknya magnet turis itu sama dengan magnet ekonomi yang berarti bikin magnet kriminalitas juga, yah at least copetlah. berkali kali udah di warning untuk memperhatikan dompet dan bawaan masing masing oleh petugas

DSC_0695

IMHO* Paris adalah kota dengan tingkat copet paling tinggi di dunia disamping Roma dan Barcelona. ketiga kota ini punya jaringan pencopet profesional. yak profesional karena pencopet sebagai profesi , punya asosiasi dan ditekuni bertahun tahun hingga jadi ekspert di bidangnya. di Barcelona hukuman untuk pencopet yang tertangkap adalah 3 hari maksimal, tidak sebanding dengan potensi pendapatan perhari yang mencapai ribuan euro. saya ngga tau hukuman buat pencopet yang ketangkep di paris, tapi dugaan saya kalo pencopet bisa regenerasi dan profesional biasanya mirip mirip hukumannya. bandingkan dengan di negara eropa timur seperti Rumania, begitu ketangkep mencopet maka hukumannya bisa sampai 3 tahun. mungkin itu sebabnya pencopet di eropa timur pada merantau ke barat yang lebih makmur dan lebih longgar hukumannya 😀

DSC_0399

balik ke paris, dengan berbagai model modus pencopetan , yang paling terkenal adalah pencopetan di metro subway oleh anak anak gypsy. yang jadi sasaran turis first timmer ata yang lengah, modusnya begini mereka satu team (3-4 anak) masuk ke dalam metro yang penuh sesak. dan seolah olah menunggu temen yang belum masuk, satu orang ngawe awe (manggil temennya , supaya cepet masuk metro) yang lain merogoh dompet saku celana. dan saat metro mau berangkat mereka keluar metro .dengan membawa hasil tentunya. voila yang jadi tujuan adalah orang bingung dengan tindakan mereka yang absurd ini kemudian kewaspadaan berkurang dan lebih mudah untuk dicopet. tapi sayangnya banyak variabel yang mempengaruhi kesuksesan aksi mereka

saya adalah calon korban yang sempurna, first time di paris, kecapekan abis jalan dan telihat ceroboh. (kalo ini kenyataan sih). saat metro hampir penuh dua/tiga oang anak perempuan lari lari dan mernagsek masuk kedalam, satu di depan saya, berhadapan , satu lagi di belakang . setelah itu ada anak perempuan lain yang mereka panggil , supaya segera masuk metro juga. saat itu saya merasa ada yang menarik dompet saya. mungkin karena shock , reflek saya hanya terdiam. kemudian mereka keluar tanpa membawah hasil

apa hal?

Alhamdulillah hari itu saya pake celana jeans yang menjadi semakin sempit semenjak saya menikah , jadi gerombolan pencopet tadi gagal narik dompet saya keluar karena terlindung oleh pinggang saya yang berlebihan haha. jangankan pencopet saya sendiri harus pake jurus meringankan tubuh mengecilkan perut kalo mau ambil dompet dari celana jeans keramat itu. not your lucky day

Satu pemikiran pada “Paris : save by bell(y)

Tinggalkan Balasan

