Fidyah : How?

 

alhamdulillah di komplek lagi ngadain buka puasa bersama , dan ngundang ustadz abu salman, yang menurut saya cukup mumpuni dalam ulumul hadistnya , jadi ini postingan saya rangkum dari pembicaraan kami setelah buka puasa, ada matan hadist dan ayat al quran yang beliau sertakan tapi terlambat saya rekam. jadi ini intinya.

dulu sebagai orang islam, saya cuman tau kalo ngga puasa ya diganti dihari yang lain, alternatif lain yaitu bayar fidyah , walaupun sering denger tapi ndak pernah ngerti dengan jelas gimana mekanismenya. sampe pada saatnya saya musti ngerti, kemudian saya mencari tahu pemirsah..karena istri saya mengandung, dan disarankan dokter untuk tidak puasa tadinya saya suruh puasa, tapi baca timeline di twitter ternyata puasa untuk ibu hamil bukan cuman asal kuat, tapi perlu juga dipertimbangkan sisi fisiologis dan nutrisinya. waktu baca itu mak#JLEB, terus saya suruh batalin puasa di hari ketiga

Tadinya saya ngga habis pikir bagaimana kok ada orang yang sebulan ramadhan sama sekali ngga puasa. ternyata ada lho, diantaranya orang yang sudah renta banget atau manula (manusia langka) wanita yang mengandung dan menyusui . kalo dikhawatirkan membahayakan janin/bayi atau dirinya. kalo wanita hamil dan menyusui tadi optimis bisa mengganti di hari hari lain sebelum ramadhan, maka puasa adalah lebih utama, tapi kalo ngga ada alternatif ..bayar FIDYAH.

kemudian saya ngitung kalo istri saya sekarang hamil 3 bulan, jadi masih 6 bulan lagi ngga puasa, abis itu menyusui 6 bulan eksklusif yang ternyata saya baru tahu kalo itu juga butuh energi yang ekstra pake banget.dan kayaknya ngga mungkin puasa ramadhan mempertimbangkan nutrisi untuk janin yang dikandung.

alhamdulillah Islam agama yang sempurna dan mudah, aturan dibuat sekaligus solusi atas masalah yang mungkin muncul di kemudian hari

Fidyah , How?

membayar fidyah artinya kita memberi makan orang miskin dengan makanan yang kita makan, aturannya fidyah dibayarkan dibelakang, artinya setelah bener bener puasa wajibnya terlewat. teknisnya macem macem

1. ada yang mengatakan kalo makanan yang diberikan adalah yang sudah siap santap. ini merujuk pada riwayat anas bin malik, asisten Rasul SAW yang waktu itu sudah sangat renta (105 tahun) dan tidak mungkin untuk berpuasa lagi kemudian mengundang 30 orang miskin disekitarnya dan dijamu dengan makanan.

2. ada juga yang mencicil, sesuai hari puasa wajib yang sudah terlewat, atau digabungkan semingguan juga boleh.

3. ibnu umar dan ibnu abbas menerangkan kalo Fidyah boleh berupa makanan pokok yang kita makan , ya kalo kita beraslah tapi kalo mau ditambahin minyak goreng, telur dll lebih baik . ukurannya minimal setara satu mud atau  0.6liter beras. tapi sekali lagi , kalo dilebihkan lebih baik. ada juga yang berpendapat 1 sha’ : 2,75 liter

bisa diberikan kepada orang miskin di sekitar kita atau lewat lembaga, kayaknya tadi pagi ngelewatin baliho yang menerima untuk menyalurkan fidyah juga.

Wallahua’lam. yang benar datang dari Allah yang salah dari kebodohan saya sendiri

 

keterangan yang lebih komplit ada di websitenya ust cahyadi takariawan <—–

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s