Buka Bersama dengan Risau

what is the essence of buka bersama,

menurut anda apa esensinya buka puasa bersama? #seriusnanya

saya lumayan gelisah setiap diajak buka puasa bersama karena kegiatannya ga jauh dari ngobrol, berlomba buka puasa, kemudian telat maghriban. thats too bad, karena ini bukan maghrib biasa ini maghrib di Ramadhan, dan Rasulullah menganjurkan memperbanyak doa dan dzikir di prime time ramadhan ini, yang menurut saya juga penentuan apakah puasa kita berhasil atau gagal hari itu. kalo ya nafsu mencoba macam macam hidangan masih begitu menggelora apa iya kita termasuk orang orang yang tidak menyiakan ramadhan?

sok suci? you name it. tapi sungguh saya risau

puasa kita bergeser menjadi ritus sosial yang melibatkan banyak adat budaya termasuk gastronomi (budaya kuliner) yang menjadi fenomena lazim saat ramadhan datang. good thingsnya adalah banayak rezeki Allah yang tersedia saat buka puasa, dari buah, es, es buah , main course . bahkan lebih dari cukup. berlimpah. alhamdulillah,kawan kawan dan handai taulan pun berkumpul dan berinteraksi ketika ada acara buka bersama ,itu juga bagus.  thats nice bertukar kabar bertukar cerita .karena interaksi sosial yang baik adalah salah satu komponen kebahagiaan, menurut lyubomirsky. dan kita dapatkan itu lengkap ada di buka bersama.

 

tapi apa iya itu tujuan buka bersama ngga melemahkan tujuan berpuasa itu sendiri, membuat kita lebih sederhana, prihatin bahkan saat sahur dan berbuka. dari sisi kesehatanpun komposisi makananya sering ngga sehat dan bahkan melemahkan satu dengan yang lainnya. pati ketemu protein hewani, buah ketemu susu, buah sebagai pencuci mulut. kalo yang udah rentan punya penyakit karena ngga jaga makan, apa buka bersama ga bikin tambah menjadi? apalagi dari segi finansial, kalo kita urunan. jauh lebih hemat saat di rumah jelas, atau di masjid

standar yang kita buat untuk mencapai target target ramadhan seringkali harus kompromi dengan buka bersama ini . padahal ini bukan prinsip, dan seringkali megorbankan yang lebih penting, seperti baca quran dan berdzikir sebelum magrib, sesuatu yang akward apabila dilakukan dalam bukber bersma teman bukan?

 

disclaimer : saya sedang mencari format bukber paling sesuai , cara, frekuensi dan menu sehingga saling menguatkan tujuan ramadhan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s