9 tahun yang ajaib

 

hari ini sepulang tarawih bapak ngajak semua anaknya buat mampir rumah, bapak masak bakso ikan katanya. bakso ikan yang dikasih dari juragan nugget di jogja karena beliau berhasil masuk daftar Haji tahun depan. satu peti berisi nugget dibawa ke kantor dan bapak ambil 4 bungkus , sisanya dibagi sama seluruh karyawan.

bakso ikan ludes dalam sekejap, dan acarapun dilanjutkan dengan leyeh leyeh sambil ngobrol, bapak udah khatam 2 kali selama ramadhan ini . wow dan ngobrol rencana perjalanan mudik setalah shalat ied

jaman SD dulu kami ke sekolah mostly dianter bapak naik motor, pernah juga naik antar jemput tapi tidak bertahan lama. dianter bapak lebih seru . boncengan bertiga , aku di depan sibuk memegang jambulnya supaya tidak rusak kena angin dan ifan bernyanyi nyanyi di boncengan belakang. menariknya selama 6 tahun dianter bapak ke sekolah + 3 tahun sisanya buat ifan, kami tidak pernah terlambat biar sekalipun. padahal berangkatnya pun macem macem, ada yang kurang setengah jam, ada yang kurang 10 menit, tapi ajaibnya sampe sekolah kami yang di kota baru ngga telat. kata ifan seolah olah ada yang freeze waktu selama kita motoran ke sekolah.

foto jadul1

waktu sekolah di Assalam lebih prihatin lagi, bolak balik solo jogja , hampir setiap jumat. melihat perkembangan kota solo dari renruntuhan hasil kerusuhan reforamasi sampai jaman jokowi. dari bekal pisang goreng ibu yang super enak sampai bisa makan ayam bakar madu di sekitar purwosari. hitungan logisnya dengan income saat itu ngga cucok untuk sekolah di boarding school yang cukup elit dan tentu mahal waktu itu. Tapi bukankah rezeki itu tidak melulu soal logika ?

waktu itu adalah jaman prihatin , serba terbatas , tapi dalam keterbatasan itulah justru kami ditempa . bapak, sebagai kepala keluarga ditempa mentalnya disiapkan untuk menerima kebaikan yang lebih besar lagi

 

hal jazaaul ihsan illa ihsan

tidak ada balasan kebaikan selain kebaikan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s