Arsip Kategori: flow state

kondisi, topic, tema yang membuat saya “flow”,

Made In Rotterdam

keep husnudzon

selepas shalat dzuhur saya inget belum nulis apapun untuk blog saya tercintah hari ini, dari kemarin udah mikirin beberapa tema tapi ya nguap. karena ngga diikat dengan tulisan. bener banget dah apa yang dibilang sama Sayidina Ali ra. Ikatlah ilmu dengan menuliskannya

siang siang ini saya noleh ke bagian belakang shof masjid, ada istri saya yang juga ikut jamaah dzuhur. menurut saya makin lama doi makin cantik . setelah nikah emang bawaannya otomatis gombalis selalu. dari awal ketemu dia 9 tahun yang lalu saya sudah melengkapi syarat yang dibutuhkan untuk jatuh cinta a la pak Habibi  . Terpesona-Terpaku- terpukau hehe

jadi inget waktu pembicaraan kami mulai serius menuju pernikahan , “aku ngga usah ikut kamu ke belanda ya? banyak kok yang bisa survive dengan hubungan jarak jauh” katanya via bbm, tersirat kekhawatiran dalam teks yang dikirmkan. dalam kereta yang membawa saya ke jakarta waktu itu saya termenung dan kemudian membalas “im not kind of person” yak saya bukan pelaku LDR yang baik, karena hubungan jarak jauh buat saya yang tipenya pengindera dekat sangat menyiksa. indeed.“kalau nanti aku hamil langsung habis nikah terus emang boleh naik pessawat?” tanyanya dikesempatan yang lain . “ nanti aku  ngapain disana?”  berbagai pertanyaan yang banyak diantaranya berakhir tanpa jawaban yang jelas, karena manusia punya rencana namun tidak ada yang tahu jalan cerita yang pasti :).

————–

akhirnya Allah menjawab segala kekhawatiran lewat waktu yang berjalan bahwa niat yang baik dan usaha yang cukup akan menemukan jalannya, dan lebih dari itu. dimudahkan jalannya. dari mulai visa schengen yang lancar. satu hari jadi. karena dapet undangan dari keluarga van doorn. dapet apartmen yang relatif murah di tempat strategis dan bisa ditinggali 4 orang. sampe pertolongan tak terduga saat kami di luar negeri seperti granada dan cordoba. intinya berkah yang kami dapatkan lebih besar dari yang kami kira, dan kami ngga akan mungkin bisa menghitungnya

bulan april visa istri saya habis dan its time to go back home. kami berpisah di schipol dengan perasaan campur aduk. 25 hari terlama dalam hidup saya. ternyata perpisahan itu membawa berkah lagi, skype menjadi lebih berharga dibandingkaan waktu waktu sebelumnya.

awal juni program saya sudah selesai , istri saya bbm dengan geje “lagi dimana” udah sampe rumah?”  pertanyaan tidak langsung yang harusnya saya lebih peka hehe. ternyata tyas pingin ngabarin  kalo hasil test pack menunjukkan kalo dia sudah positif mengandung, dan sudah 6 minggu. wow, subhanallah perasaan yag ngga mungkin diceritakan kecuali sudah mengalami sendiri.

bayi

seandainya istri saya hamil lebih cepat bisa jadi kami bakal banyak melewatkan kesempatan mencicipi 3 benua seperti yang sudah kami lakukan saat ini. seandaiinya tahu hamil saat pulang mungkin bakal melewatkan acara syukuran pernikahan ifan di Medan, dan berbagai bagai macam kesimpulan yang bikin kita malu kalo kurang bersyukur. Manusia berencana Allah Subhanahu wataala lebih tahu mana yang terbaik , karena tidak ada doa yang tertolak, jawabanya hanya “Yes” atau “I know better”, keep husnudzon

bersama postingan ini kami juga memohon doa para pembaca mudah mudahan Allah ridho mengamanahi kami anak yang sholeh dan sholehah

favoriete kanaal *

tiba tiba channel ini kebuka sendiri tanpa didaftarin, semacam #expectopatronum dari @fandyganks

sejak di rumah ibu ganti provider tivi kabel dari indovision ke telkomvision, channel ini yang jadi  favoritnya  si @fandyganks, adek saya.  walopun banyak channel yang laen, selama ndak ada celestial means nothing, mending ANTV ato maen XBOX, ih gitu banget seleranya ya

i guess i know kenapa dia suka celestial movies, salahsatunya karena mantan mantannya dulu banyak yang sipit hehehe #gosipinadeksendiri . sebelum akhirnya dia ambil kursus bahasa jepang dan buka2  restoran jepang di solo. pointnya adalah segala yang berbau asia timur adalah wangi buat dia. yang tadinya ngga suka boyband, sekarang jadi suka..bukan suka lagunya, tapi demen karena banyak pesenan kaos supershownya superjunior tempo hari ituh.

di rumah B7 sendiri belum ada tivi, kan ga ada mudhorot yang terlalu besar kan ya kalo ngga punya tivi selain agak telat kegerus trend, yang jelas mengurangi dosis nonton tivi, berikut muatan muatan negatif yang lebih banyak penting buat kami. tontonan kak fika filem serial jepang dan korea yang bisa dicopy dari waarnet terdekat ato temen temennya yang juga suka . faris n halid, demen nonton stand up comedy dari handphone lokalnya , aku kadang ke rumah ibu buat nonton CSI, ato sekedar berita olahraga jam 6 pagi sebelum berangkat kuliah

secret millionaire

kedua tanganku memegang pipi yang mulai menghangat , air mata keluar dari sela sela jemari

setelah sukses menyelesaikan presentasi businsess ethics aku memilih untuk  hang out bentar bareng romzi , arne dan uncle bas, terus nyoba merem di student lounge, mencoba mencicil utang begadang tadi malam.

di student lounge , tumben ngga ada orang. sepi. mungkin masih pada sibuk demo ngurusin irshad manji yang mau dateng ke kampus hari ini :D, yang jelas ada sofa yang cukup nyaman dan kosong  untuk istirahat barang sebentar,

sembari leyeh leyeh dan menikmati kursi yang empuk dan ac dari pojok ruangan, aku ngambil remote terus milih satu diantara banyak channel indovision yang tersedia, ngga berapa lama aku tertidur, lumayan setengah jam tapi nyenyak abiiis

begitu terbangun baru nyadar ternyata channel yang dipilih tadi adalah bbc knowledge, pas acara secret millionaire, dulu ini acara favorit semasa masih langgangan indovision, selain CSI dan master of illussion tentunyah

Gambar

jadi ini adalah tv program yang nyeritain para miyuner di inggris/ amerika / ostrali (tergantung program bbc mana) yang nyamar jadi orang biasa, berbaur dengan masyarakat biasa, nyari tahu apa harapan dan apa yang bisa dibantu. mereka meninggalkan kehidupan mewahnya  berbaur di komunitas paling berbahaya dan paling rentan untuk mencari pahlawan pahlawan yang tidak pernah terdengar oleh publik, padahal mereka ada disekitar  terus di hari terakhir dia nyamar (biasanya seminggu) dia nulis cek ribuan poundsterling buat bantu orang orang. biasanya diakhiri dengan berpelukan dan kadang nangis, tapi jelas ndak selebai jika aku menjadi di trans atau toloongnya SCTV

episode yang tadi kutonton tentang si rosilin, miyuner asal inggris yang berkunjung ke dundee, scotland. di wilayah yang angka kehamilan remajanya dan penyalahgunaan narkobanya tertinggi di negara itu. rosilin ketemu euan , profesional yang berkeras ngambil kerja part time juga demi membantu orang orang yang kelaparan dan ngga punya rumah di komunitasnya,

terus rosilin juga ketemu neill, mantan pekerja pabrik yang mengelola semacam care center untuk manula, neill dibantu anak anak remaja  yang bekerja dengan senang hati  dengan dibayar sangat rendah, terus si Rosilin juga dikenalin euan sama pasangan muda imigran dari polandiayang sempat dia tolong waktu pertama kali nyampe di dundee, mereka miskin, dan menempati apartemen dengan satu kamar . terakhir rosilin menemui care center yang fokusnya memberdayakan ibu muda / single mom untuk membantu mengurus anak anak dan memulihkan kepercayaan diri mereka

rosilin nyamar jadi perawat lansia, ngurusin dapur dan menyajikan makanan sederhana untuk para aki aki dan nini nini itu, ngajak ngobrol si pasangan polandia itu tentang impian mereka punya rumah dengan ruangan lebih longgar, terus impian neill buat bikin kafe yang bakalan jadi basecampnya kegiatan positif anak muda, juga tentang euan yang hampir ngga mikirin dirinya sendiri karena waktunya lebih banyak untuk mengembangkan komunitasnya .

yang heart touching di seri ini adalah si rosilin ngaku kalo ada yang lebih penting dari “memiliki semuanya” yaotu merasankan dan membagikan cinta yang ada di dalam dada.

i dont know apa yang terjadi , tapi sepanjang filem aku berusaha menahan air mata yang akhirnya tumpah juga. bukankah semua yang telah, sedang dan akan terjadi secara sempurna, karena bisa aja aku milih channel yang lain, atau alih alih nerusin tidur daripada nonton. but it kinda #lifesign for me

kaya nemu divine calling gitu, thats the life i want, hidup yang tujuannya untuk membagikan sebesar besar manfaat untuk sebanyak banyaknya makhluk.

bukan resensi novel 2

reading adalah membaca, dan yang saya baca saat ini adalah novel 2 karya donny dhirgantoro. dia juga yang nulis novel 5 cm yang kemudian menjadi best seller .

kisah pertemuan dengan buku ini hampir seperti kebetulan. waktu nganter si kembar beli buku KKPK bulanan, aku ngeliat ada buku dengan cover unik awalnya kupikir novel berat. tapi berhubung sudah lama ngga baca buku . dan semua sudah dapet buku pilihannya, faris dengan notes from qatarnya, si kembar dengan buku KKPKnya dan halid dengan entah buku apa dan karena bulan muda,  akhirnya…. buku ini berada di depan kasir juga. setelah dibuka plastik dan dibaca dikit dikit, kesan pertama adalah ngga cukup nyastra untuk ukuran penulis best seller, dan sempat dianggurin beberapa hari, tapi akhirnya harus ketemu lagi karena lagi ngambek sama tyas dan menempuh perjalanan panjang antara jogja surabaya

dan begitu dibaca novel dengan cover huruf 2 berwarna putih dengan ukuran raksasa ini merubah seluruh kesan. ceritanya ringan  sekaligus penuh misteri , seperti menyembunyikan sesuatu yang membuat pembacanya susah untuk berhenti. dan cluenya dilepas satu satu dan  perlahan lahan membuat waktu 3 setenah jam buku ini sudah habis separuh  dalam sekali duduk.. amazing sekali, harus diakui bahwa pengarang yang punya account twitter di @donny5cm pandai sekali menerbangkan imaginasi pembaca sekaligus mendaratkan pesan pesannya dengan menarik sekaligus adiktif (lebai ah)

yang bikin jadi sulit meresensi buku ini adalh karena ceritanya dari awal sampa akhir adalah sebuah kesatuan yang utuh. penuh inspirasi, kuitpan, humor, dan cerita mengharubiru. sehingga menuruku  resensi yang paling baik untuk buku ini adalah membaca bagian belakangnya. dan membaca dari awal sampe akhir.

qodrin salah satu teman sekamar saya saat di karimunjawa hampir melahap habis buku ini dalam 2 hari lengkap dengan adegan nangis bombainya hehe. novel ini. highly recomended

cover novel 2

another sunrise karimunjawa eps 3

hari ini adalah hari terakir kami di karimunjawa. nanti malam kita udah cabut ke jawa lagi. so this morining we hunt for sunrise, kerana hari hari berikiutnya ketiduran setelah shalat subuh. setelah menunaikan shalat subuh, dengan wajah masih ngantuk dan nyawa yang belum juga genep. kita ke dermaga karimunjawa. walopun yogdie a.k.a tour leader sudah kasih notice bakalan agak ketutup bukit sunrisenya.

spot gratisan liat sunrise

sampe di dermaga, masih rada gelap. akhirya kita milih tempat buat nongkrong yang asyik yang kira kira kalo matahari terbit kita jadi orang orang pertama yang ngeliat. tapi percuma. bukit menjadi barrier yang signifikan sehingga kita ngga bisa ngeliat sunrise secara sempurna di pagi itu

 

 

tanpa kita sdari ada perahu kecil yang mendekat dari rumah apung di sekitar dermaga. ada  3orang di perahu it: ayah , ibu dananaknya yang masih kecil. beserta barang bawaannya. awal kupikir mereka adalah pedagang yang jualan di pulau utama. ternyata dugaan sayah salah. mereka bawa 8 buah jerigen kosong. dan seketika itu kita nyadar kalo di belakang ada sumber air tawar milik pemerintah

so , pasangan suami istri ini dengan cekatang mengisi satu persatu jerigen isi 10 liter yang mereka bawa dengan air tawar. kemudian bersama sama menggotongnya kembali ke kapal kecli mereka. penasaran, aku bertanya berapa kali sehari mereka melakukan ini. mereka menjawab

” ya kadang sekali kadang dua kali mas”

” disini banyak air tapi asin semua”seloroh si istri

kami pun tersenyum kemudian bengong. tanpa kami sadari kami menemukan sunrise yang lain disini. semangat pagi untuk memulai hari dengan semangat dan kerja keras, tanpa mengeluh.

bengong

semangat pagi..

senda gurau di bulan juli

Assalamualaikum, hello again

sudah lama saya ndak ngupdate blog. with no reason hehe…terlalu nyaman dengan keadaan. sampe akhirnya masuklah saya dan anda semua di bulan ini, bulan juli . masuk  bulan sya’ban dan saya pun mulai memasang resolusi yang memaksa diri untuk menulis. yak resolusi bulan juli saya adalah

  • menghapal 1 juz al quran (juz amma)
  • melakukan penjualan 1000 voucher STIFIn test dengan rate rata rata 180000
  • melakukan 25 posting blog  bulan ini

dan postingan ini ndak diitung hehe. ..

sekians