Arsip Tag: politik

viva la balkot eps 2 – haryadi suyuti

haryadi suyuti di atas kertas

adalah calon paling berpeluang menang dalam pemilihan walikota mendatang . alasan utamanya ya karena beliau adalah incumbent, wakil walikota yogyakarta periode ini. bersama kang heri zudiyanto yang dari PAN , pak hariyadi suyuti (golkar) mengalahkan pasangan syukri- widharto yang diusung PDIP-PKS-PPP waktu itu (2006) . from nothing to something begitulah kira kira..dari sosok yang ndak dikenal warga trus dalam waktu singkat jadi wakil walikota. what a carreer

menjelang pilwakot yogyakarta 2011 haryadi suyuti justru menjadi calon paling akhir muncul, sekaligus paling kontroversial. sempat seolah dibuang golkar,  jadian sama demokrat terus putus karena issu keistimewaan , eh ternyata putus juga sama gerindra akhirnya cinta lama bersemi kembali dengan Golkar.  jadi…walopun berpsangan dengan partai besar PDIP. tapi kesan kurang profesional, kontroversial dan plintat plintut  mewarnai proses pencalonannyah.

pendekatan kampanye haryadi  -imam saya prediksi masih dengan pendekatan klasikal, sunatan massal, bantuan simbolik , pendekatan ke wong cilik dan  pencitraan dengan minta dukungan orang kraton , politik berbiaya tinggilah. sedangkan kiprah langsung dari walikota juga kurang terlihat selama hampir lima tahun memimpin, mungkin karena tertutup figur kang heri, atau emang kurang berkiprah hehe

sisi positifnya kalo di liat trendnya ngga ada yang bisa ngalahin incumbent darlam pilkada pilkada yang ada di DIY, apakah akan berulang pola yang sama di kota? we’ll see

gambar diambil dari sana dan situ

viva la balkot eps 1

Sebentar lagi kota jogja akan mengadakan pemilihan walikota. suhu politik semakin hangat disini. walopun masih kalah hangat sama matahari jogja di siang hari yang bersinar terik (halah) . calonnya ada tiga . Hanafi Rais- Tri harjun, incumbent Haryadi Suyuti-Imam dan Zuhrif Hudaya- reza

kalo dilihat tahapannya sekarang belum mulai kampanye, ambil nomer juga belum. pak RT di deket rumah lagi muter mendata warga dan menempel stiker pilwalkot di kaca rumah. tapi siapapun yang akan jadi walikota periode depan akan memikul beban berat. karena citra kang herry (walikota jogja sekarang) sudah terlanjur baik di mata masyarakat . bahkan kota yogyakarta bersama kota surakarta  dapet good corporate goverment award tahun lalu (apa tahun ini ya?). intinya beliau sudah oke banget. dan untuk meneruskan kerja sekelas kang herry bukan kerja mudah

so lets menggosipkan para calon .Gosip based on berbagai sumber, dari arisan, pengajian, poster yang di tempel, undangan sunatan masal de el el. disebut gosip karena belum ada dasar yang jelas, karena sumber sumber yang dimaksud penuh dengan kepentingan pencitraan para calon . mudah mudahan dengan bergosip ini bisa menambah pengetahuan subyektif untuk menentukan pilihan pada pemilihan walikota tahun inih

gosip tentang pilwalkot 2011 akan ada di postingan mendatang .

bugie

bugie
bugie

siang beberapa hari kemaren mobilku ngeliat mobil gr***max di depan pas berhenti di lampu merah. emang sih sekarang mulai ngeliri lirik mobil model bongsor gitu. gr*** max dan luxi* kandidat terkuat. tapi disini saya ndak mau ngomongin dua kandidat pemikat mata saya ini (rasanya pengennya lebih gede dari butuhnya hehe)

di sekujur body mobil itu ada gambar dan tulisan seorang pria yang ngga begitu asing. bugiakso. bugiakso atau bisa juga disebut bugie adalah salah satu mantan calon presiden jalur perseorangan yang (renacananya) mau maju pada pilpres 2009 lalu. waktu itu sampe dia iklan segala di tv *RAKYAT TIDAK BOLEH MENDERITA* kesan pertama sayah adalah

*siape elu*

dan benar saja gaungnya ndak terdengar lagi setelah gagal di verivikasi sama KPU. tapi kemudian bapak ini  maju lagi di peilihan bupati sleman tahun berikutnya. masih dengan tanpa kendaraan parpol. kesan saya kedua

*wah, nekat*

saingannya terberatnya waktu itu incumbent, pak sri purnomo, dan anggota DPD RI yang udah kalah di pemilihan bupati sebelumnya. Hafidz Asram. prediksi sayah..bugiakso akan jadi pemanis kompetisi sajah. ngeliat pak hafidz yang didandanin a la FOX *tim suksesnya SBY. kayaknya meyakinkan hehe , –orang sensing yang gampang terpukau casing–

tapi saya salah. untungnya.

hafidz asram cuman menang tampilan mewah ajah..suaranya melempem, walopun didukung partai besar. kompetisi itu dimenangi pak Sri Purnomo, sang incumbent, yang memang membangun sistem pertahanan yang tangguh di aparatur pemerintahannya *bahasanya beraat*

nah lo, terus si budi, eg bugie?

ini dia, Bugiakso kalah lagi..tapi kali ini dengan sangat terhormat. suaranya melejit ke urutan 2 , jauh mengungguli hafidz asrom yang didandanin FOX indonessia dan calon dari PKB (nahdiyin banyak di sleman). ngga ada yang memperkirakan bisa sampe segitu. dan bugiaksopun menjadi local hero..karena ternyata niatnya pengabdian ke masyarakat. even sudah kalah. masih tetep aja mbantu.masih tetep aja nyanyi (dia juga jadi penyanyi lagu lagu religius islam dalam bahasa jawa. dan diseteldi TV  setasiun tugu ..

kalo bugiakso nyalon lagi dan pas saya jadi warga sleman, saya mungkin milih dia

gambar diambil dari situ